Sabtu, 27 September 2014

Hubungan Iindonesia Dengan Pusa-Pusat Perkembangan Islam


Hubungan Iindonesia Dengan Pusa-Pusat Perkembangan Islam Di Asia
A.  Perkembangan Islam Di asia Barat
Awal perkembangan islam berlangsung di Jazirah Arab, terutama di Saudi Arabia. Keadaan alam dan kehidupan masyarakat di kawasan ini cukup beragam.
§  Wilayah Arab bagian utara berbatasan dgn kawasan beradapan dunia, (Syria, Mesopotamia, Persia). Disbanding wilayah arab lainya, kawasan ini lebih sering terlibat dalam kancah perdagangan dunia masa kuno. Akibatnya keadaan penduduk makmur, terutama dari perdagangan.
§  Wilayah Arab bangian tengah cenderung tandus, karena merupakan padang gurun. Penduduknya hidup semi-nomaden. Meskupun kurang makmur, terdapat kota penting di wilayah ini seperti Mekah dan Yatsrib.
§  Wilayah Arab bagian selatan relative subur, curah hujan cukup. Penduduk telah hidup menetap dan makmur. Merekan hidup sebagai petani & pedangang.
Islam tumbuh di Arab bagian tengah. Lahir di kawasan terbelakang dan pada zaman jahiliyah (zaman kegelapan). Pada masa ini masyarakat tidak mengenal hokum dan norma moral. Tapi ajaran dan budaya islam mampu cepat berkembang dan disegani hamper diseluruh dunia. Dalam wktu seabad, pengaruh islam menyebar mulai dari Jazirah Arab, seluruh Asia Barat, Afrika Utara, Spayol, dan Asia.
# Nabi Muhammad SAW
Ajaran islam diperkenalkan oleh Nabi Muhammad SAW, yg lahir di Mekah 20 April 571 M. ia mulai mengajarkan islam sejak umur 40 thn. Tindakan itu mendapat perlawanan dari suku Quraisy. Perlawanan yg semakin meningkat memaksa Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya hijrah ke Yatsrib, yg kemudian dinamakan Madinah. Madinah merupakan titik tolak perkambangan Islam, di kota itu terbentuk masyarakat Islam sebagai kekuatan politik. Di sana Nabi muhmmad sebagai pemimpin agama , pemimpin masyarakat & menjadikan Madinah sebagai pusat pemerintahan.
Agar masyrakat jadi kuat & stabil, ia meletakkan 3 dasar kehidupan social, yaitu :
1.      Pembangunan masjid, selain untuk sholat, juga menjadi sarana pengikat persatuan di kalangan muslim.
2.      Persaudaraan sesame muslim (ukhuwah islamiyah): ikatan persaudaraan di antara kaum muhajirin (kalangan yg ikut hijrah dr Mekah ke Madinah) dan kaum anshar (orang Madinah yg telah masuk islam)
3.      Hubungan persahabatan dgn sesama bukan muslim, seperti kaum Yahudi & Kristen.
 # Khulafaur Rasyidin
Nabi Muhammad SAW wafat thn 632. Setelah ia meninggal, pengaturan masyarakat yg demokratis dan penyebaran islam jadi tanggung jawab para khalifah. 4 khalifah yg pertama disebut Khulafaur Rasyidin yaitu Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Talib. Di bawah mereka masyarakat muslim mulai memperluas pengaruhnya.
§  Di bawah pimpinan Abu Bakar, pengaruh islam menyebar ke seluruh Jazirah Arab, & mulai masuk ke Palestina
§  Dibawah pimpinan Umar bin Kattab, pengaruh islam meyebar ke Syria, Mesopotamia, Mesir dan mulai masuk ke Persia. Untuk menangani wilayah yg semakin luas, ia menata administrasi pemerintah yaitu membentuk propinsi2 dan lembaga pengadilan
§  Di bawah pimpinan Usman bin Affan, pengaruh islam menyebar ke seluruh Persia, Cyprus, Rhodes, Transoxiana, & Tabaristan
Masa kepemimpinan Usman bin Affan, terjadi perpecahan dlm masyarakat yg banyak disebabkan oleh ketidak tegasannya sebagai pemimpin dan cenderung nepotisme. Pemimpinanya ditandai dengan sejumlah pembangunan di bidang ekonomi dan agama.
Masa kepemipinana Ali bin Abi Thalib, pemberontakan lain muncul dr keluarga Usman bin Affan & gubernur Damsyik. Pemadaman pemberontakan tidak memulihkan kesatuan dari kalangan muslim, bahkan terpecah menjadi kaum Muawiyah, Syiah, & al-Khawariji
Berakirnya kepemimpinan Ali bin Talib menandai akhir Khulafaur Rasyidin, thn 661 M, kepemimpinan islam beralih pada kaum Muawiyah (dikenal sbg Bani Umayyah)
# Bani Umayyah
Kepemimpinan ini membawa perubahan. Pusat pemerintahah berpindah dr Madinah ke Damsyik (Damaskus). Pemerintahan demokratis beralih mendai monarki. Pemerintahan Bani Umayyah berlangsung seabad, Bani Umayyah mampu memperluas pengaruh islam ke timur sampai ke Punjab, ke barat sampai ke Spayol. Peristiwa termashur adalah pendaratan di Gibraltar (berasal dr nama Jabal el Tarib) oleh pasukan islam yg dimpin oleh Traiq bin Ziyab. Bani Umayyah melakukan perbaikan di bidang ekomoni (memperbarui mata uang), politik (pembenahan administrasi pemerintah), hokum ( pembentukan lembaga pengadilan yg mandiri).itu Terbukti menciptakan stabilitas dan keamanan di wilayah Umayyah.
Pemerintahan monarki bersifat turun-temurun yg akhirnya membawa kruntuhan Bani Umayyah & dipercepat oleh hidup mewah dan korup di kalangan penguasa. Thn 1750 M, kekuasaan Bani Umayyah berakhirdan diganti dgn Bani Abbasiyah.
# Bani Abbasiyah
Bani Abbasiyah didirikan oleh keturunan al-Abbas, paman Nabi Muhammad SAW. Tetap bercorak monarki & pusat pemerintahan berpindah ke al-Hasyimiyah lalu ke Bagdad. Bani 
Abbasiyah berkuasa hamper 5 abad, perluasan pengaruh dilanjutkan. Bani bahkan mengadakan perjanjian damai dgn sejumlah kerajaan tetangga seperti Kaisar Konstantin V dr Byzantium (istabul). Juga menaruh perhatian pd pengembangan ilmu pengetahuan & kebudayaan. Usaha yg dilakukan antara lain menerjemahkan buku2 Yunani, Persia & India ke dlm bahasa Arab. Kesungguhan itu tampak dr dibangunnya pusat penerjamahan Bait al-Hikmah. Akibatnya warisan ilmu pengetahuan dari ketiga bangsa itu berkembang di tengah masyarakat muslim, antara lain filsafat, matematika,astronomi & kedokteran.
Hasil upaya pengembangan itu berupa, dibangunnya sejumlah sekolah dan terlahirnya ilmuan terkemuka. Para ilmuan itu menjadi nara sumber perkembangan ilmu pengetahuan di Eropa.
§  Bidang astronomi, tampil al Fazari dan al Fargani. Salah satu persentasinya adalah penemuan astrolabe.
§  Bidang eksakta, tampil Ali al Hasan, Jabir ibn Hayyan & Muhammad ibn Musa. Salah satu persentasinya pemenuan aljabar.
§  Bidang filsafat, tampil al Fabari, ibn Sina, & ibn Rushd. Tafsir merka terhadap filsafat yunani menjadi refensi yg terus dipelajari sampai sekarang.
Yg menarik, perkembangan ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan berlangsung bersamaan dgn perkembangan ekonomi yg ditandai dgn kedudukan Baghdad, Sirat & Bashra sbg Bandar utama yg dilalui jalur dagang mancanegara, Ilmu agama yg ditandai oleh perkembangan ilmu tafsir, mazhab hokum agama & aliran teoligi (ilmu ketuhanan).
Scr politik, kekuasan Bani Abbasiyah mundur sejak abad 11 M. penyabab awal kemerosotan adalah penguasa hidp mewah, korupsi, & nepotisme. Sejak abad itu secara bergantian sejumlah dinasti memegang tapuk pemerintahan. Kemelut politik diperparah oleh persaingan antar bangsa dan kemerosotan ekonomi. Kekuasaan Bani Abbasiyah berakir saat Baghdad jatuh oleh serangan pasukan Mongol dipimpin Hulagu Khan.
B.  Penyebaran Pengaruh Islam ke Asia
Penyebaran pengaruh islam ditandai dgn tumbuhnya kerajaaan islam di Persia,India, & Nusantara. Kerajaan tersebut menangani urusan politik,agama (penyebaran agama islam di wilayah kekuasaanya).
# Kerajaan Safawi Persia
Kerajaan Safawi dirintis oleh gerakan keagamaan bernama Tarekat Safawiyah di Ardabil, dekat Azerbaijan, Iran. Gerakan ini dipelopori oleh Safi al-Din pd awal abad 14 M & berkembang menjadi dinasti. Kerajaan Safawi baru berdiri pd abad ke 16, di bawah kepemimpinan Ismail I sbg  raja pertama. Dinasti Safawi berkuasa selama lebih dari 2 abad yg meliputi seluruh iran, sebagian irak & Afghanistan. Pusat kerajaan berada di Isfahan (selatan Taheran). Safawi menyatakan Syiah sbg mazhab kerajaan. Seabad pertama terjadi
Ketidak stabilan politik. Yg diakibatkan permusuhan yg berlarut-larut dgn kerajaan Turki Usmani (Ottoman) & pertentangan antar kelompok di dalam negeri. Keadaan beransur membaik saat dibawah pemerintahan Abbas 1, pada akhir abad 16 M. dlm menggalang stabilitas politik, Abbas 1 mengadakan pembaruan dlm kelompok militer, menyelesaikan konflik antar kelompok & perjanjian damai dgn Turki Usmani (Ottoman). Setelah dalm negri kuat, barulah Safawi memperluas pengaruhnya.
Di bawah pemerintahan Abbas 1 kerajaan Safawi mengalami kejayaan. Kemajuan politik, dan yg mencolok bidang ekonomi & ilmu pengetahuan.
§  Kemajuan ekonomi ditunjang dengan pertanian dgn kesuburan kawasan Mesopotamia(daerah bulan sabit yg subur/Fertile Crescent & perdagangan dengan peran Bandar Hurmuz (Ormuz), yg terletak di ujung selatan teluk Persia yg strategis, krn dilalui jalus perdagangan antar Eropa & Asia.
§  Kemajuan ilmu pengetahuan ditunjang dgn perhatian pd pendidikan (yg Tampak dr dibangunnya sekolah, giatnya penelitian & tampilnya sejumlah ilmuan yg terkemuka) dan perkembangan arsitektur ( tampak dr bangunan2 yg megah seperti masjid, rs, jembatang,sekolah & istana)
# Kerajaan-Kerajaan Islam di Dunia
Masuknya pengaruh islam di India berawal dr kawasan Lembah Sungai Indus (Sindhu). Pd abad ke 8 M, pasukan Bani Umayyah pimpinan Muhammad ibn Qasim sempat menguasai kwasan itu, namun baru 2 abad kemudian, berdiri kerajaan islam bernama Ghaznawi yg didirikan oleh Sultan Mahmud al-Ghazna.
1.  Kerajaan Ghaznawi dan Kerajaan Delhi
Kerajaan Ghaznawi menguasai wilayah Fghanistan & sebagian wilayah utara Pakistan. Wilayah ini awlnya berada di bawah kekuasaan sejumlah kerajaan hindu, kini berada di bawah pengaruh islam. Pusat pemerintahan berada di Ghazna, sebelah barat daya Kabul. Perhatian kerajaan ini tertuju pd perluasan wilayah. Pd abad ke 12 M, pengaruh islam memasuki India Lahore sampai ke Dheli, yg dirintis oleh Dinasti Ghuri. Seabad kemuadian berdiri kerajaan islam di Dheli, & menjadi pusat penyebaran islam ke seluruh India. Selama 320 thn kemudian, 5 dinasti berturut-turut memerintah kerajaan Dheli. Kegiatan penyebaran pengaruh islam dilakukan bersamaan dgn memperluas wilayah. Upaya pemerintahan pengaru islam sampai ke bagian selatan India dirintis oleh Dinasti Khalji.
Memasuki pertengahan abad ke 14 M, kemunduran melanda kerajaan Dheli. Di tengah itu sejumlah kerajaan hindu bangkit kembali. Pamor kerajaan Dheli semakin memudar sejak ibu kota kerajaan di porak-porandakan oleh serangan pasukan timur Lenk. Pd akhir abad 14 M.
2.  Kerajaan Mughal
Kerajaan Mughal (moghul) didirikan oleh Zahiruddin Babur, pd awal abad ke 16 M. Dinasti
Mughal berawal dr kota Fergana, di Uzbekistan. Dlm waktu relative sempit, pasukan Mughal berhasil menaklukkan Samarkad dan Kabul. Pd thn 1526, pasukan Mughal berhasil mengalahkan pasukan Lodi di Panipat, sebelah utara Dheli. Peristiwa itu menandai berakirnya kerajaan Dheli. Awal kerajaan Mughal di repotkan oleh pembangkangan bawahan, serangan dari luar negeri & konflik di dalam negeri. Semasa pemerintahan Akbar pertengahan abad ke 16 M,politik mulai stabil. Setelah persoalan dlm negeri di atasi, Mughal mulai memperluas pengaruhnya sampai ke seluruh India, Pakistan & Afghanistan.
Mughal membangun ekonomi (ditunjang dgn perkembangan di bidang pertanian & perdagangan), seni budaya (ditunjang dgn perkembangan sasatra & arsitektur). Kemajuan itu berlangsung semasa pemerintahan Akbar & 3 sultan berikutnya yakni Jahangir, Syah Jehan & Aurangzeb.
§  Perkembangan pertanian ditunjang dgn suburnya kawasan dataran rendah di India, terutama di sepanjang lembah sungai & pemerintah mulai menangani organisasi petani
§  Perkembangan perdagangan ditunjang dgn sejumlah Bandar dagang yg ramai antara lain Calicut, Goa, Bombay, & Gujarat di panatai barat serta Madras dan Calcutta di pantai timur india.
§  Perkembangan sastra tampak dr munculnya sejumlah karya sastra termashur baik berbahasa India maupun Persia. Sastrawan terkemuka antara lain Malik Muhammad Jayazi & Abu Fald.
§  Perkembangan arsitektur tampak dari sejumlah bangunan megah yg mencerminkan gaungan kecermatan & cita rasa keindahan antar lain Taj Mahal di Arga,Masjid Raya Dheli dll.

0 komentar:

Posting Komentar