Sabtu, 27 September 2014

Keterlibatan Indonesia dalam Hubungan Mancanegara


Keterlibatan Indonesia dalam Hubungan Mancanegara
                                                                                                                                                                                                         Hubungan Indonesia dan pusat Hindu-Budha di Asia berawal dari hubungan dagang. Pada awal Tarikh Masehi hubungan dagang yg ramai antara India, Idonesia dan China. Hubungan ini merupakan bagian dari hubungan dagang Romawi dan China. Hubungan dagang melalui jalur laut yaitu perairan Indonesia. Baik sumber dalam ataupun luar negeri memperlihatkan hubungan dagang antara Indonesia, India dan China telah permanen.  Hubungan dagang menjadi perintis hubungan lebih lanjut di bidang politik, budaya dan agama. Bukti keterlibatan Indonesia dgn mancanegara banyak kita dapatkan dari luar negeri dan dalam negeri antara lain :

Berita dari China
Menurur cataan Dinasti Han, Sung, Yuan dan Ming , sejak awal Tarikh Masehi terjadi hubungan dagang antara China dan Indonesia. Buktinya banyak barang2 keramik China yg ditemukan di Indonesia.
Berita lainnya berasal dari Fa-Hien, seorang musafir China yg terdampar di Tolomo selama 5 hari. Selama tinggal di kerajaan, Ia sgt terkesan dengan keterampilan para pedangan dalam menawarkan dagangannya. dimaksud Tolomo adalah Tarumanegara kerajaan yg muncul di jawa barat  sekitar abad ke 5 Masehi.
Berita China berikutnya berupa cacatan dari I Tsing seorang peziarah dan rabib Budha. dalam catatannya tertulis kesan tentang Sriwijaya yg pantas disejajarkan dengan pusat Buddhisme di Asia. karena tempat itulah para rabib dapat belajar bahasa Sangsekerta dan Pali sebelum berangkat ke India.

Berita dari Yunani          
Sumber berita dari Yunani  berasal dari tulisan seorang ahli Geografi bernama Claudius Ptolomeus. dalam tulisanya diberitakan kapal2 belayar dari Alexsandria berlayar melalui teluk Persia ke bandar2 di India.
Sumber berita lainnya  semacam petunjuk pelayaran ke laut disebut Erythraea. petujuk itu menyebutkan 27 pelabuhan tempak dilakukan bandar mancanegara. yaitu termasuk bandar2 di Indonesia.

Berita dari India                                                                                                                                                                               Berita India tertua terdapat dalam kitab kuno Epos Ramayana. Kitab menyebutkan dewi Sinta di culik oleh Rahwana, Hanuman mencari sampai ke Javadwipa.
Sumber lainya berasal dari piagam Nalanda. Bahwa kerajaan Sriwijaya memegang peran kunci utama untuk masuk ke Nusantara. Kerajaan Sriwijaya mempunyai 2 pelabuhan penting di selat Malaka. Kedua  bandar Sriwijaya berperan juga sebagai bandar transit barang2 terkenal dari tempat lain ke Nusantara.

Berita dari Arab                      
Para saudagar & ahli2 geografibangsa Arab menulis tentang Indonesia sejak abad ke 6 masehi. mereka menyebut kerajaan bernama Zabag atau Sribuza, yg dimaksud adalah kerajaan Sriwijaya. Pulau2 di Zabag bernama Suwarndib yg berarti pulau2 emas. Zabag atau Sribuza terknal sebagai salah satu pusat perdagangan dan negeri yg kaya akan emas.

 Berita dari Indo China
Berita dari Vietnam dari abad ke 8 Masehi mencatat peristiwa serangan dari Jawa dan pulau2 selatan, dilakukan oleh pasukan Syailendra terhadap pusat kerajaan Chenla di Vyadhapura.
Berita Indo China lainya berupa prasasti di Nakhon Si Thammarat sebelah selatan Thailand dari abad ke 8 Masehi dibangun oleh raja Sriwijaya.

Berita dari Dalam Negeri             
Sumber dalam negeri yg mengisaratkan hubungan antara Indonesia dan luar negeri antara lain :
·         Prasaati tertua di Indonesia, seperti Mulawarman ( Kutai ), Purnawarman ( Tarumanegara ), dll
ditulis dgn bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa. Bahasa dan huruf ini biasa dipakai di India pada masa kuno. tulisan ini telah dikenal di Indonesia, membuktikan India dan Indonesia telah berhubungan
·         Bangunan2 kuno dan benda2 purbakala, seperti candi, arca. bangunan memperlihatkan pengaruh Hindu-Budha yg berasal dari India. selain bercorak Hindu-Budha juga memperlihatkan pengaruh China
·         Kitab2 kuno, terdiri buku syair, kitab agama, kitab hukum, dan cerita porsa, seperti kitab pararaton dll. sistem tulisan memperlihatkan pengauh India.

0 komentar:

Posting Komentar