Rabu, 18 Maret 2015

Kesuksesan Tidak Ada Kaitannya Dengan Pendidikan

Apakah Anda setuju dengan judul di atas. Saya berharap sih setuju. Kenapa? Karena memang kesuksesan tidak ada kaitannya dengan pendidikan. Tapi anehnya di luar sana masih ada saja orang yang beranggapan bahwa kesuksesan hanya bisa diraih oleh orang yang memiliki pendidikan tinggi. Maka dari itu melalui tulisan ini saya ingin mengatakan sukses itu tidak dipengaruhi oleh pendidikan. Hanya saja, pendidikan bisa menjadi salah satu sarana membangun kesuksesan.
Fakta tentang kesuksesan tidak ada kaitannya dengan pendidikan, telah dibuktikan oleh sejarah, karena banyak tokoh hebat ternyata tidak menyelesaikan pendidikan formalnya dengan baik. Thomas Alfa Edisan hanya berpendidikan sekolah dasar, tapi ia memiliki 2000 hak paten. Li Ka Shing, orang terkaya di hongkong berhanti sekolah umur 14 tahun. Bill Gates orang terkaya di dunia memulai bisnis setelah lulus SMA dan masih banyak lagi tokoh-tokoh yang lain, bahkan di Indonesia pun ada salah satunya adalah Andrie Wongso. Ia adalah seorang motivator yang bergelar SDTTTBS (Sekolah Dasar Tidak Tamat Tapi Bisa Sukses).
Fakta di atas hannya sedikit dari banyak tokoh yang saya sebutkan, tentunya selain mereka di atas masih banyak tokoh lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Apakah Anda masih tidak percaya? Saya berharap Anda percaya, karena itu adalah fakta.
Berarti tidak sekolah tidak apa-apa dong?
Inilah pertanyaan yang harus kita luruskan. Tidak sekolah memang tidak apa-apa kalau memang tidak ada biaya untuk sekolah, tapi terdidik adalah suatu keharusan. Tokoh-tokoh di atas memang tidak sekolah, tapi mereka adalah orang terdidik bukan orang yang meremehkan tentang pentingnya pendidikan. Artinya jika memang Anda mampu maka sekolah, maka Anda harus sekolah. Saya yakin para tokoh-tokoh besar di atas juga tidak akan membiarkan anak-anak mereka tidak sekolah.
Dari apa yang saya tulis intinya kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja, termasuk orang yang tidak berpendidikan formal. Tapi kesuksesan tetap membutuhkan orang terdidik, yang senantiasa belajar untuk meraih apa yang ia impikan. Kesuksesan itu bukan buah dari ijazah, tapi buah dari tindakan. Siapa yang bertindak meraih kesuksesan maka ia akan sukses, namun orang yang hanya diam, maka jangan berharap kesuksesan itu diraih meskipun ia orang yang berpendidikan.
Sekarang siapapun Anda yang memang tidak memiliki pendidikan tinggi, katakan pada diri Anda bahwa Anda bisa sukses. Anda bisa menjadi agen dari perubahan. Namun tentunya Anda harus membayar dengan sebuah kesungguhan untuk mencapai kesuksesan yang Anda inginkan

0 komentar:

Posting Komentar