Jumat, 20 Maret 2015

Motivator Terbaik Sepanjang Masa

Apa Sih Motivator Itu?

Berbicara tentang motivator tentu tidak akan pernah bisa dipisahkan dari motivasi. Kalau motivasi diartikan sebagai motif atau daya dorong yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu atau tindakan untuk mencapai suatu tujuan. Maka motivator lebih dikenal sebagai orang yang memiliki profesi atau pencaharian dari memberikan motivasi kepada orang lain. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), di entri motivator disebutkan memiliki dua arti:
  1. orang (perangsang) yang menyebabkan timbulnya motivasi pada orang lain untuk melaksanakan sesuatu; pendorong; penggerak.
  2. petugas yang ditunjuk untuk memberikan penerangan dan motivasi kepada calon akseptor keluarga berencana.[
Dari arti dalam KBBI, tampaknya pengertian motivator seperti disebutkan pertama kali belum dimasukkan. Sebagai profesi yang tengah berkembang, tentu artinya tidak sekedar pemberi motivasi kepada akseptor keluarga berencana saja, melainkan kepada siapa pun yang membutuhkan. Hanya saja, karena ini merupakan profesi, maka ada jasa tertentu yang harus dibayarkan apabila membutuhkan motivasi dari motivator. Umumnya, pemberian motivasi dilakukan dalam bentuk pelatihan (training). Kecuali, tentu saja bagi motivator yang memiliki acara televisi sendiri, akan dapat diakses secara gratis oleh pemirsa (http://id.wikipedia.org).

Apa Saja Tugas Motivator

Motivator adalah bagian dari agen perubahan. Dengan caranya memberikan motivasi para motivator selalu berusaha memberikan sesuatu yang terbaik bagi siapa saja untuk bisa merubah keadaan hidupnya menjadi lebih baik. Tentu hal ini bukan pekerjaan yang mudah, karena ada beberapa tugas penting yang harus dilakukan. Diantara tugas-tugas penting tersebut minimal ada empat tugas yang dilakukan oleh para motivator.
1.      Memotivasi dan Mengembangkan Diri Setiap Saat
Ini adalah salah tugas penting yang tidak mungkin bisa ditinggalkan oleh seorang motivator. Kenapa harus memotivasi dan mengembangkan diri setiap saat? Ok ! sekarang coba bayangkan bagaimana jadinya jika para motivator ini berhenti memotivasi diri dan mengembangkan diri. Kalau saya tidak bisa membayangkan. Menjadi motivator itu tidak boleh stag dalam memotivasi dan mengembangkan diri. Tadi saya sudah bilang motivator ini adalah agen perubahan. Jika agen perubahannya tidak terus-menerus mengembangkan diri, maka bagaimana perubahan itu akan terjadi. Dalam profesi apapun pengembangan diri ini wajib, apalagi bagi motivator.
2.      Memberikan Motivasi Kepada Orang Lain
Kalau tugas yang satu ini jelas, sebagai motivator maka tugasnya adalah memotivasi orang lain. Biasanya motivasi disampaikan melalui seminar, pelatihan, talk show, website atau melalui buku yang mereka tulis. Para motivator ini biasanya memiliki ciri masing-masing dalam memberikan motivasi. Seperti yang sering anda saksikan di televisi atau di forum-forum seminar pasti anda akan melihat ciri khas dari masing-masing motivator.
3.      Menginspirasi
Selain memberikan motivasi tugas penting lainnya adalah sebagai inspirator. Inpirator adalah sumber inspirasi. Artinya sebagi motivator selain mendorong orang lain untuk melakukan perubahan. Motivator juga harus bisa menginspirasi orang lain untuk bisa melakukan tindakan positif. Lebih tepatnya bisa menjadi teladan bagi orang lain untuk melakukan perubahan.
4.      Menjadikan Orang lain Menjadi Motivator Buat Dirinya Sendiri
Saya rasa ini adalah tugas yang paling berat buat para motivator, dan saya yakin pula ini adalah tujuan yang memang selalu diharapkan oleh para motivator. Keberhasilan utama seorang motivator apabila karena dirinya orang lain mampu menjadi motivator buat dirinya sendiri. Kanapa harus bergitu? Perlu kita sadari bahwa motivator itu hanyalah pendorong yang sifatnya berasal dari luar, dan keberadaan mereka pun bersifat sementara. Itu artinya seseorang tidak selamanya tergantung dari motivator. Untuk itulah klimaks dari tugas para motivator apabila orang yang diberi motivasi mampu menjadi motivator buat dirinya sendiri.

Motivator Yang Terkenal di Indonesia

Di Indonesia ada beberapa motivator terkenal yang sering kali menghiasi layar kaca, muncul diberbagai media baik itu media cetak maupun online. Diantara beberapa motivator tersebut adalah sebagai berikut: Mario Teguh, Andrie Wongso, Tung Desem Waringin, Krisnamurti, Bong Chandra, Gede Prama, Hermawan Kartajaya, Christian Andrianto (sumber: http://forum.vivanews.com)
Ke sembilan motivator di atas adalah motivator yang cukup dikenal oleh sebagian masyarakat. Belum lagi motivator-motivator yang lain, tentu kalau disebutkan satu-satu akan sangat banyak sekali. Semua motivator pada dasarnya memiliki tujuan yang sama yaitu membantu orang lain mengembalikan motivasi dirinya atau bisa dikatakan bisa menjadi motivator buat dirinya sendiri. Namun jangan heran bila sering kali para motivator ini memiliki cara yang berbeda . hal itu wajar karena fokus dari masing-masing motivator bisa saja berbeda. Ada motivator bisnis, ada motivator pengembangan diri, ada motivator spiritual dan lain-lain.

Who is the best motivator?

Di awal tadi sudah saya tulis bahwa tugas yang paing berat bagi para motivator adalah mampu membuat orang lain jadi motivator buat dirinya. Jadi motivator terbaik adalah diri sendiri. Kanapa saya mengatakan demikian? Sebelumnya anda harus tahu bahwa diri kita lah penentu akhir kesuksesan hidup kita. Sebagus apapun para motivator memberikan motivasi kepada kita, tapi kembali lagi kitalah penentu dari segalanya. Bagaimana kemampuan kita merespon adalah lebih penting dari sebuah stimulus yan kita terima. Motivator memberikan motivasi itu stimulus, sedangkan responnya adalah bagaimana kita memahami, mengerti dan melaksanakan apa yang disampaikan oleh para motivator.
Selama ini kita sering tidak sadar bahwa diri kita adalah sumber dari segala motivasi dan inspirasi dalam tindakan kita. Sering kali kita lebih banyak tergantung dari orang lain, ketika kita sedang terpuruk atau lagi mengalami masalah. Kita tidak percaya diri dengan diri sendiri, akhirnya kita menjadi takut untuk melawan kagagalan atau masalah yang muncul. Dari itulah mulai sekarang jadikanlah apa-apa yang dari luar diri kita sebagai pendorong untuk mendongkrak motivasi diri kita. Dengan begitu kita akan senantiasa memiliki motivasi diri yang kuat, selalu optimis dan terus menerus mengembangkan diri sampai maksimal. Itulah alasan kenapa saya menyebut bahwa MOTIVATOR TERBAIK SEPANJANG MASA ADALAH DIRI SENDIRI. Diri sendiri disini bukan berarti diriku, juga bukan diri anda tapi diri setiap insan yang memiliki motivasi yang kuat dan insan yang mau belajar dan belajar sampai akhir hayatanya. Selama matahari masih bersinar, selama bumi masih dihuni oleh manusia selama itu pula diri sendiri setiap insane akan selalu menjadi motivator terbaik yang tidak akan tergantikan sepanjang masa.

0 komentar:

Posting Komentar