Rabu, 18 Maret 2015

Otak Lelah Bakar Emosi Anda

marah
Apakah Anda sering marah-marah tanpa sebab? Atau Anda sering kehilangan mood secara tiba-tiba?
Jika Anda mengatakan ya, maka Anda perlu tahu mungkin otak Anda sedang lelah atau mengalami kelelahan.

Kenapa otak bisa mengalami kelelahan?

Di tengah arus globalisasi yang meningkat kebutuhan manusia juga semakin meningkat, sehingga manusia selalu berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan harapan mereka mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan perubahan.
Orang beranggapan bahwa kelelahan otak di picu oleh banyaknya pekerjaan yang menumpuk dan aktivitas yang begitu padat. Anggapan itu benar, tapi ternyata pemicu dari kelelahan otak bukan hanya pada  pekerjaan dan aktivitas yang begitu padat, tapi ada faktor lain.
Faktor lain itu adalah terlalu banyaknya informasi yang diterima seseorang. Di awal tadi sudah sedikit saya tulis bahwa di tengah arus globalisasi kebutuhan manusia itu meningkat. Selain kebutuhan meningkat ternyata arus informasi juga meningkat pesat. Hal ini bagus, karena bisa memberikan informasi kepada seseorang untuk tetap bertahan menghadapi gejolak zaman. Tapi yang jadi masalah, ternyata tidak semua orang mempunyai filter atas berbagi informasi yang ada. Orang yang tidak mempunyai filter akan menyerap semua informasi yang ada tanpa sebuah seleksi, sehingga ia akan memakan mentah-mentah informasi tersebut. Ini jelas tidak bagus dan bisa menjadi pemicu timbulnya kelelahan otak. Setelah otak seseorang mengalami kelelahan maka emosi dan amarahnya akan sulit terbendung, karena itulah tanpa mereka sadari mereka mudah sekali terpancing oleh sesuatu hal yang akhirnya memacu rasa emosi dan amarah mereka.

Apa yang harus kita lakukan supaya otak kita tidak lelah?

Dalam hal ini kita perlu tahu dulu bagaimana caranya supaya otak kita tidak lelah. Iangkah ini kita lakukan sebagai langkah pencegahan, supaya otak kita tidak mengalami kelelahan. Di sini ada beberap hal yang bisa Anda lakukan
  1. Lakukan kegiatan sesuai skala prioritas
  2. Jangan memaksakan diri, jika memang tidak mampu
  3. Pilih informasi yang benar-benar kita butuhkan
  4. Bermusyawarah dengan orang lain yang kompeten

Bagaimana Jika otak kita mengalami kelelahan?

Kalau sebelumnya tadi kita melakukan upaya untuk mencegah terjadi kelelahan otak. Berikut akan saya tunjukkan cara bagaimana harus bertindak ketika Anda mengalami kelelahan otak. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan
  1. Redam lelah otak dengan banyak dzikir kepada Tuhan. Berdzikir sama saja dengan doa. Hal ini akan membuat suasana hati menjadi lebih enak. Jika suasana hati enak, maka Anda akan lebih mudah mengontrol emosi.
  2. Sebaiknya Anda harus meluangkan waktu untuk istirahat. Orang yang terlalu banyak berpikir, banyak menyerap informasi dan banyak melakukan aktivitas itu akan lebih mudah mengalami kelelahan otak. Maka dari itu istirahatlah yang cukup. Ditambah lagi perbanyak olah raga, minum air putih dan makan-makanan cukup gizi supaya badan menjadi lebih segar.
  3. Jauhkan diri dari kerumunan orang banyak. Jika Anda mengalami kelelahan otak usahakan menjauh dari kerumunan orang banyak. Hal itu bisa membuat Anda lebih mudah terpancing emosi. Sebaiknya Anda cari tempat yang nyaman dan tenang, bisa di rumah, di kebun di sawah atau di mana saja selama itu nyaman dan jauh dari kerumunan orang banyak.
  4. Bergembiralah. Banyak orang yang sibuk terkadang lupa untuk bergembira. Justru jika seseorang lupa bergembira rasa lelah akan lebih mudah menyerang. Sekali waktu buatlah diri Anda senang. Bisa dengan mendengarkan musik, membaca komik, dan semua hal yang bisa membuat Anda gembira, selama kegembiraan itu positif maka Anda bisa melakukannya.
Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi kelelahan otak. Mulai sekarang berhati-hatilah, otak lelah bisa membakar emosi Anda.
Jika Anda punya pendapat lain, silahkan bagi melalui kotak komentar

0 komentar:

Posting Komentar