Jumat, 20 Maret 2015

Musuh-Musuh Kesuksesan

Musuh-musuh kesuksesan adalah judul yang saya tulis untuk sekedar pengingat diri saya dan teman-teman bahwa kesuksesan itu bukan suatu hal yang mudah diraih. Kita harus sadar bahwa musuh-musuh kesuksesan, setiap saat bisa menyerang kita. Sedikit saja kita lengah, apa yang sudah kita upayakan bisa sia-sia dan kesuksesan yang kita impikan akan makin sulit terwujud. Musuh-musuh kesuksesan itu bisa muncul dari dalam diri sendiri atau dari luar. Untuk itu sangat perlu bagi kita untuk mengantisipasi hal tersebut sedini mungkin. Berikut beberapa musuh kesuksesan yang harus anda kenali.
1.      Alasan
Ingat orang sukses adalah orang yang selalu mau menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun. Selain itu orang sukses juga suka melakukan evaluasi terhadap perjalanan hidupnya. Jadi orang sukses itu tidak mencari alasan, apalagi mencari kambing hitam untuk menutupi kesalahan yang ia lakukan. Orang-orang yang suka mencari alasan adalah orang yang tidak mau menerima, bahwa dirinya masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Untuk itu janganlah suka mencari alasan, kalau memang kita salah akuilah kesalahan kita, kalau kita di kritik terimalah krtikan tersebut secara positif.
2.      Takut gagal
Kegagalan adalah kekasih dari kesuksesan, jika kita ingin sukses maka kita harus siap untuk gagal. Perlu anda sadari bahwa kegagalan itu bisa terjadi sesudah anda melakukan usaha atau belum melakukan usaha. Kegagalan yang di alami setelah usaha dilakukan akan sangat bermanfaat dalam menempa mental anda untuk selalu semangat dalam belajar, tapi kegagalan sebelum anda berusaha adalah kegagalan sejati yang akan terus menggrogoti usaha anda dan kesuksesan yang anda impikan tidak akan pernah bisa anda raih.  Jadi jika anda ingin bisa meraih kesuksesan perangilah rasa takut gagal anda dari sekarang juga, karena kalau tidak anda benar-benar dalam bahaya besar.
3.      Lemah dan malas
Satu lagi musuh dari kesuksesan adalah lemah dan malas. Lemah di sini mengisyaratkan bahwa anda tidak punya semangat yang tinggi untuk berubah. Anda cenderung menutup diri dan menganggap diri anda banyak kekurangan, bahkan anda merasa bahwa tidak punya kelebihan. Ciri yang lain dari lemah adalah anda pasrah dengan nasib anda. Sedangkan malas adalah sikap mental yang menunjukkan bahwa anda itu adalah orang yang tidak punya gairah dalam berusaha, anda cenderung masa bodoh, dan lunak dengan diri sendiri. Jika malas sudah menyelimuti diri anda, maka jangan berharap anda bisa meraih kesuksesan yang anda impikan. Dengan kata lain, untuk meraih kesuksesan anda harus memerangi lemah diri dan rasa malasa anda. Dengan begitu peluang anda untuk meraih kesuksesan akan semakin terbuka lebar.
4.      Lingkungan negatif
Dalam bidang apapun lingkungan selalu memegang peranan penting dalam mewujudkan sebuah impian. Lingkungan yang kondusif akan lebih mendukung tercapainya sebuah impian menjadi lebih mudah diraih, tapi jika lingkungan yang ditempati seseorang negatif, maka orang tersebut harus pandai-pandai menempatkan diri dengan benar. Lingkungan yang negatif juga merupakan musuh kesuksesan, maka dari itu pandai-pandailah memilih lingkungan, khususnya lingkungan pergaulan. Pilihlah lingkungan pergaulan yang memiliki motivasi  dan semangat untuk belajar, dengan begitu anda juga akan tertular menjadi manusia yang suka belajar. Dan tidak bisa di pungkiri bahwa belajar adalah syarat mutlak untuk mencapai kesuksesan.

0 komentar:

Posting Komentar