Jumat, 20 Maret 2015

Tidak Punya Uang Bukan Hambatan Untuk Sukses

Antara Uang dan Keinginan

Setiap orang pasti mempunyai keinginan. Itu adalah wajar, selama keinginan tersebut tidak membuat diri sendiri tertekan. Apakah ada, keinginan yang bisa membuat diri kita tertekan? Ada, yaitu saat keinginan itu menjadi sebuah kebutuhan. Misalnya kita ingin motor, tapi kita tidak punya uang untuk membeli. Hal itu bisa wajar dan bisa juga berlebihan. Dikatakan wajar, karena tidak ada larangan dari siapapun untuk menginginkan motor. Dikatakan tidak wajar jika keinginan itu sudah menjadi kebutuhan, seperti mengharuskan diri untuk membeli motor motor tersebut dengan cara apapun.
Saya yakin sebagian dari anda pernah dihadapkan pada satu masalah di mana anda punya sebuah keinginan, tapi harus terhalang karena tidak punya uang. Saya pun pernah merasakan demikian. Dulu saya pernah merasakan saat saya ingin kuliah, tapi saya tidak bisa mewujudkan keinginan karena orang tua saya tidak kaya. Saat itu saya merasa hidup ini memang sulit di tebak. Orang yang jelas-jelas punya keinginan untuk maju malah terhalang oleh biaya. Sedangkan orang-orang yang mampu secara biaya, tidak punya keseriusan untuk belajar. Awalnya hal ini agak sulit saya terima, meskipun akhirnya aku sadar bahwa itu adalah memang harus terjadi. Lagian tidak ada gunanya saya meratapi nasib.
Banyak orang beranggapan untuk mewujudkan sebuah keinginan kita harus punya uang atau modal. Kalau pepatah jawa mengatakan jer basuki mawa beya. Setiap keberhasilan membutuhkan pengorbanan (biaya). Hal itu semuanya benar, memang ada harga yang harus dibayar untuk mewudkan sebuah keinginan.  Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana dengan orang-orang yang tidak punya uang? Apakah mereka tidak boleh punya keinginan untuk meraih sukses? Silahkan anda baca ulasannya dalam sub berikut.

Modal Lain Selain Uang

Saya pernah beberapa kali ngobrol dengan teman-teman lama. Sepperti biasa salah satu obrolan yang paling menarik jika membahas tentang perencanaan karier. Sebenarnya saya sangat salut dengan semangat dan ide-ide yang mereka sampaikan. Biasanya di akhir-akhir pembicaraan saya menanyakan “Kenapa hal itu tidak diwujudkan”? kelihatannya itu sangat menguntungkan ! Kebanyakan dari mereka pun menjawab “Ya itu mas masalahnya kami belum punya cukup modal”.
Dari obrolan tersebut saya bisa mengambil kesimpulan bahwa sebagian besar dari mereka merasa lemah karena tidak memiliki modal. Saya rasa hal ini tidak hanya untuk para usahawan saja, tapi juga di bidang yang lain uang selalu menjadi hambatan. Jika sudah begini jadinya, apa yang harus kita lakukan.
Sebaiknya anda tidak usah khawatir karena uang bukan satu-satunya modal, kalau kita ingin maju. Kalau kita mau mencoba peka dan mau mengevaluasi diri. Saya yakin anda akan menemukan modal besar itu. Apa saja modal lain itu?
1.      Impian
Semua hal diawali dari sebuah impian. Tanpa impian maka kita akan sulit menentukan langkah-langkah dalam menyongsong masa depan. Jika anda punya impian, maka pertahankan hal itu apapun yang terjadi. Jangan sampai hanya gara-gara sesuatu anda menurunkan impian anda. Inilah modal utama anda. Bukankah Andrea Hirata bisa sampai keluar negeri kerena sebuah impian. Mau tidak mau anda harus percaya dan yakin bahwa impian akan membawa anda pada perilaku yang akan mengatarkan anda pada impian yang akan anda raih. Jadi yang sudah punya mimpi pertahankan, bagi yang belum silahkan mulai detik ini buatlah sebuah impian.
2.      Kemampuan berpikir
Ini adalah modal kedua kita. Jika kita tidak mulai memperhatikan kemampuan berpikir maka kita akan kehilangan salah satu modal besar dalam hidup ini. kemampuan berpikir ini penting kita tingkatkan. Karena dari kemampuan berpikir ini akan muncul visi, misi, ide, inovasi, kreativitas, imajinasi dan lain-lain. Namun perlu anda ketahui bahwa untuk memiliki kemampuan berpikir yang baik dibutuhkan banyak nutrisi untuk otak, dan salah satunya adalah dengan banyak membaca.
3.      Kemampuan emosional
Kemampuan emosional adala modal yang sangat penting bagi kemampuan bersosialisasi dengan orang lain. Tidak mungkin rasanya bahwa seseorang bisa sukses tanpa memiliki kecerdasan ini. Kecerdasan ini memiliki lima pilar utama  yaitu kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati dan ketrampilan sosial. Jika kita mampu melejitkan kemampuan emosional tentu ini bisa menjadi modal yang sangat luar biasa untuk maraih kesuksesan.
4.      Kemampuan fisik
Terkadang kita tidak sadar bahwa tubuh kita adalah modal yang sangat berharga. Coba kita pikirkan bagaimana jadinya jika diri kita tidak sehat? Apakah mungkin anda bisa melakukan kegiatan dengan baik? Saya yakin anda semua akan setuju dengan saya bahwa itu akan menurunkan performa anda dalam bekerja. Bukan hanya performa fisik, tapi semua hal akan tergangu termasuk cara berpikir dan cara mengelola perasaan.
5.      Kemampuan spiritual.
Ini satu lagi modal dasar yang mutlak harus kita miliki. Kemampuan spiritual ini adalah akarnya semua kamampuan. Semua kemampuan yang kita miliki tidak akan sempruna tanpa kemampuan spiritual. Kemampuan spiritual ini adalah semangat yang bersumber dari kekuatan Tuhan. Jadi bisa dikatakan tanpa semangat ketuhanan, pondasi diri kita tidak kuat. Sehingga dengan banyaknya hambatan, kita akan mudah runtuh dan tumbang.
Dari berbagai macam keterangan di atas dapat kita simpulkan bahwa selain uang ada banyak modal yang anda memiliki. Tidak usah jauh-jauh mencarinya, karena itu semua ada di dalam diri kita. Sekarang tergantng kita, bagaimana kita mempersiapkan diri untuk menggali modal tersebut, dan berupaya sekuat tenaga untuk mengembangkan modal itu semaksimal mungkin. Jadi bisa saya katakan Tidak Punya Uang Bukan Hambatan Untuk Sukses.

0 komentar:

Posting Komentar